Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Qinthani Dhea ST

Perempuan, 24 tahun

Bogor, Indonesia

Ikhlas bermakna bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu bersih tidak kotor. Maka orang yang ikhlas adalah orang yang menjadikan agamanya murni hanya untuk Allah saja dengan menyembah-Nya dan tidak menyekutukan dengan yang lain dan tidak riya dalam beramal.
::
Journal of Sincerity
Shutdown

Navbar Bawah

Cari Blog Ini

Minggu, 13 Maret 2016

Obat Batuk tradisional

.
Batuk terjadi karena adanya benda asing atau sesuatu yang merangsang selaput lendir di tenggorokan atau cabang batang tenggorokan. Biasanya disertai dengan rasa gatal. Benda asing tersebut dikeluarkan oleh tubuh melalui batuk. Benda asing itu bisa berupa debu, alergi atau kuman.

Di zaman moderen seperti sekarang ini, banyak sekali obat batuk tersedia di pasaran. Mulai dari yang berbahan kimia, maupun yang berasal dari ekstrak herbal. Nah, kali ini saya akan mengajak Anda membuat ramuan tradisional untuk mengobati batuk. Tentunya dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar Anda.

Cara menghilangkan batuk yang sering dilakukan oleh masyarakat mungkin adalah dengan meminum obat dari apotek atau dokter. Atau biasanya ada juga penderita batuk yang membiarkan penyakitnya tersebut dan memiliki keyakinan bahwa pasti akan sembuh sendiri. Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan batuk berdahak, termasuk dengan cara alami atau tradisional. Penggunaan bahan alami untuk mengobati batuk hampir tidak memiliki efek samping. Selain itu juga mampu menghilangkan batuk dengan cepat. Tidak kalah cepat dengan obat modern.

Batuk adalah salah satu penyakit yang sangat umum dialami oleh masyarakat. Batuk disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai batuk yang disebabkan oleh suatu hal atau malah batuk yang merupakan gejala suatu penyakit yang sedang dialami oleh seseorang. Jika Anda mengalami batuk berkepanjangan baik batuk berdahak atau tidak, sebaiknya hal tersebut diwaspadai, bisa jadi itu merupakan gejala kanker tenggorokan. Atau bisa jadi juga merupakan pertanda paru-paru mengalami gangguan, mungkin bronkitis atau lainnya. (baca: Macam Penyakit Paru-Paru dan Cara Mencegahnya)
Obat Batuk Tradisional

Di sekitar kita, ternyata banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengobati batuk. Diantaranya jahe, jeruk nipis, kapulaga, kayu putih, dll.

Asam Jawa dan Gula Merah




Bahan: 10 gram daging buah asam jawa, gula merah secukupnya, dan air panas sebanyak satu gelas.
Cara pengobatan: Daging buah asam jawa diseduh dengan segelas air panas, kemudian ditambahkan gula merah secukupnya. Minum ramuan tersebut sewaktu masih hangat.

Cabe Jawa dan Madu



Bahan: 6 gram buah cabe jawa kering, madu secukupnya.
Cara pengobatan: Cabe jawa kering ditumbuk hingga halus, kemudian diminum bersama dengan satu sendok makan madu satu kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai batuk sembuh.

Ramuan Jeruk Nipis



Bahan: 1 buah jeruk nipis, kapur sirih secukupnya dan gula batu juga secukupnya.
Cara pengobatan: Buah jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian. Bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, kulit luar dibakar sampai berbuih. Air jeruk diperas, lalu tambahkan gula batu. Setelah tercampur rata, air perasan tersebut lalu diminum., bisa juga jeruk nipis diperas lalu dicampur sama kecap.




Teh Jahe




Membayangkan minumannya pun Anda juga pasti sudah bisa membayangkan betapa hangatnya dan betapa nikmatnya minuman ini. Irisan jahe yang dicampurkan ke dalam teh hangat cukup efektif untuk membantu mengatasi batuk berdahak. Cara menghilangkan batuk berdahak ini ternyata sudah digunakan oleh masyarakat di negara-negara asia sejak lama. Disarankan untuk mengonsumsi teh jahe dua kali sehari agar batuk berdahak Anda segera mereda.

Belimbing Wuluh




Bagi Anda yang belum tahu apa itu buah belimbing wuluh, buah ini adalah buah berukuran kecil yang menyerupai belimbing, tetapi berwarna hijau dan rasanya masam. Buah ini juga cukup efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak ataupun pada orang dewasa. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan belimbing wuluh bersama beberapa butir adas, sedikit gula dan secangkir air. Kemudian rebus campuran-campuran tersebut dan saringlah airnya saat ramuannya sudah mulai dingin.

Kunyit

Selanjutnya ada kunyit yang juga sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu rempah yang bisa meredakan batuk berdahak. Cara membuat ramuan tradisional untuk batuk berdahak ini adalah dengan menumbuk kunyitnya, lalu dicampurkan dengan madu ke dalam segelas susu. Ramuan kunyit ini dinilai sebagai cara menghilangkan batuk yang cukup efektif.

0   komentar

Cancel Reply