Kamis, 03 Oktober 2013

Musuh dari Buah Naga


Buah naga memang sedang marak saat ini. Selain memiliki banyak kegunaan, buah naga juga enak dan sering digunakan untuk pelengkap berbagai macam minuman dan makanan. Buah naga sebenarnya tergolong tumbuhan yang kuat dan mudah perawatannya. Namun tetap saja hama dan penyakit bisa menyerang tanaman buah naga ini.

Beberapa hama tanaman buah naga adalah berbagai macam kutu. Kutu putih atau Mealy Bug misalnya yang menyebabkan bagian batang akan berwarna hitam dan tampak kotor. Kutu putih ini berbentuk seperti tepung putih. Ada pula kutu batok (Aspidiotus spesies)yang menyerang cabang batang tanaman sehingga menjadi berwarna kuning. Hama ini menghisap cairan pada batang sehingga jika tidak segera dibasmi akan menyebabkan buah naga kekurangan cairan dan tidak tumbuh dengan optimal. Selain itu, ada pula kutu sisik (Pseudococus sp.) yang juga menyerang batang yang tertutup dari sinar matahari. Kutu sisik berbentuk bintik-bintik kecil berwarna coklat dan putih serta membuat batang menjadi kusam. Ketiga macam kutu ini dapat dibasmi dengan cara yang sama yakni menyemprotkan insektisida Kanon satu minggu satu kali sampai hama tanaman hilang, biasanya butuh dua sampai tiga kali penyemprotan.

Selain hama berbentuk kutu, ada pula hama tungau dan hewan pengganggu seperti semut dan bekicot. Hama tungau (Tetranychus sp.) merupakan binatang kecil bertungkai delapan mirip caplak yang menyerang bagian batang dan merusak proses asimilasi buah naga. Tungau dapat dibasmi dengan menyemprotkan obat omite dua minggu sekali. Sedangkan bekicot memakan batang buah naga sehingga batang dan cabangnya menjadi rusak dan busuk. Bekicot dapat dicegah dan diatasi dengan menjaga kebersihan kebun. Semut juga merupakan hama tanaman bagi buah naga. Semut dapat mengakibatkan kulit buah naga menjadi bintik-bintik yang tentunya akan menurunkan harga jualnya. Cara mengusir semut adalah dengan menyemprotkan obat Gusadrin.

Selain hama tanaman, hama penyakit juga seringkali menyerang buah naga. Penyakit yang disebabkan oleh organisme fusarium menyerang cabang batang sehingga menjadi layu dan kelamaan menjadi busuk. Selain itu, ada pula penyakit pembusukan yang disebabkan oleh bakteri yang mana membuat buah naga menjadi layu. Gejala yang terlihat jelas adalah adanya lender berwarna putih kuning pada bagian tanaman yang busuk. Untuk mengatasi penyakit ini, bagian yang sakit harus terlebih dulu dicabut dan dibuang lalu diberi obat. Satu lagi, hama penyakit berupa jamur yang menyerang buah naga sehingga berpenyakit di bagian pangkal batangnya. Jamur ini biasanya muncul saat pembibitan awal dimana gejalanya terjadi pembusukan di pangkal batang dan muncul bulu putih. Untuk mengobatinya, bisa menggunakan fungisida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar