Kamis, 03 Oktober 2013

Menanam Apotik hidup


Apotik hidup merupakan suatu tempat yang berisikan berbagai tanaman obat yang ditanam di dalamnya yang dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari dan pengobatan. Apotik hidup ini memiliki banyak manfaat karena tanaman-tanaman obat yang tersedia dapat langsung dibuat menjadi obat dengan cara yang mudah. Apotik hidup akan lebih bagus untuk pengobatan berbagai penyakit. Tanaman obat yang dibuat dengan cara-cara yang alami akan lebih cepat dalam menyembuhkan bila dibandingkan dengan cara-cara yang ilmiah.

Apotik hidup di Indonesia belum banyak ada padahal Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat tanaman obatnya namun masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Padahal apotek hidup itu banyak sekali manfaatnya dan kegunaannya. Berbagai manfaat dari apotek hidup yaitu:
-Aman bagi kesehatan karena yang digunakan merupakan tanaman yang alami.
-Lebih menghemat biaya hidup karena tanaman yang digunakan dapat dipakai untuk membuat obat atau digunakan berbagai produk sehari-hari dengan cara yang mudah.
-Dapat dibuat menjadi obat herbal yang lebih bermanfaat dan lebih banyak khasiatnya.
-Membuat orang yang memilikinya pintar dalam hal pemanfaatan tanaman terutama tanaman obat.

Tanaman apotek hidup itu terdiri dari berbagai tanaman obat dan tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan manusia. Tanaman apotek hidup itu banyak sekali diantaranya:
-Lidah buaya (aloe vera). Tanaman ini lebih dikenal manfaatnya sebagai tanaman penyubur rambut selain itu tanaman ini juga dapat digunakan untuk meredakan batuk.
-Mengkudu (pace). Buah ini dapat digunakan untuk meredakan osteoporosis. Dan manfaatnya banyak sekali bagi tubuh kita.
-Jambu Biji. Dari pohon jambu biji yang bisa dimanfaatkan adalah daun dan buahnya. Daun dapat dibuat obat untuk diare sedangkan buah jambu biji dapat digunakan untuk mencegah penyakit demam berdarah.
-Daun Sirih. Bermanfaat untuk antiseptik dan dapat juga digunakan untuk penghentian pendarahan pada saat mimisan.

Jika kita ingin membuat apotik hidup di halaman rumah kita, kita dapat menanam berbagai tanaman obat. Tanaman obat yang dapat kita tanam dalam apotik hidup kita selain tanaman-tanaman diatas yaitu: Jahe, temulawak, jiten, lengkuas, kumis kucing dan mahkota dewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar