Sabtu, 31 Agustus 2013

Sincerity (Ikhlas)


Sesungguhnya Kami telah mengungkapkan kepada Anda Kitab dengan kebenaran , maka sembahlah Allah , tulus taat kepadaNya . ( Al Qur'an , 39:2 )


Nabi Muhammad ( saw) berkata : " Tentu saja ada realitas setiap kebenaran dan seorang hamba tidak dapat mencapai realitas Ikhlas kecuali dia tidak suka orang memujinya atas tindakan yang telah dilakukan (hanya ) demi Allah "
Imam Ja'far al- Shadiq ( a) , sambil menjelaskan ucapan Tuhan Yang Maha Esa , " Bahwa Ia mungkin mencoba Anda ( untuk melihat ) di antara kamu yang paling adil dalam karya . " ( 67:2 ) mengatakan : " Ini tidak berarti salah satu dari kalian yang perbuatannya lebih banyak tapi satu yang lebih sah dalam tindakannya, dan kebenaran ini tidak lain adalah takut akan Tuhan dan ketulusan niat ( niyyah ) dan ketakutan . " Lalu ia ( a) menambahkan : " Untuk bertahan dalam tindakan sampai menjadi tulus lebih sulit daripada ( performing ) tindakan itu sendiri , dan ketulusan tindakan terletak dalam bahwa Anda tidak harus menginginkan siapa pun untuk memuji Anda untuk itu kecuali Tuhan Yang Maha Esa , dan niat menggantikan tindakan. Lo , sesungguhnya , niat adalah tindakan itu sendiri . " Kemudian dia membacakan ayat Al-Qur'an , " Katakanlah , setiap orang bertindak sesuai dengan karakternya ( shakilatihi ) " , ( 17:84 ) menambahkan , " Itu berarti shakilah niyyah . "

Realitas Ikhlas

Ikhlas ( ketulusan ) niat , tindakan dan kemudian ketekunan itu adalah stasiun tertinggi dari cinta dan penghambaan kepada Allah . Ikhlas didefinisikan dan dijelaskan sebagai :

terhormat `arif dan bijaksana musafir , Khwajah ` Abd Allah al - Ansari ( qs ) mengatakan : " Ikhlas berarti membersihkan tindakan semua kotoran . " Dan keinginan berarti ' kotoran ' untuk menyenangkan diri sendiri dan makhluk lain .

Ulama besar Syaikh al- Baha'i ( ra ) telah diceritakan bahwa orang-orang dari jantung ( orang-orang yang mencintai Allah dengan hati ) mengatakan bahwa : " Ikhlas berarti menjaga tindakan bebas dari yang lain -dari- Allah memiliki peran di dalamnya dan bahwa pelaku dari suatu tindakan seharusnya tidak menginginkan setiap imbalan atas itu di dunia dan di akhirat . "

Dan Nabi Muhammad ( saw) berkata bahwa Allah ( swt ) mengatakan : " . Ikhlas adalah rahasia dari rahasia saya dan saya menempatkannya di jantung hamba-Ku yang Kukasihi " [ Al - Majlisi , Bihar al- Anwar , vol . 70 , halaman 249 , hadis # 24 ]


Siapa Mukhlisun ( yang tulus ) ?

Allah SWT telah mengundang para hamba-Nya terhadap diri-Nya dengan menunjukkan bahwa mereka harus memurnikan jiwa mereka dari yang lain -dari- Allah dan membuat mereka berpaling secara eksklusif kepada-Nya .

Mukhlisun adalah mereka yang menyembah Allah sedemikian rupa sehingga mereka tidak melihat diri mereka dalam pelayanan juga tidak memperhatikan dunia atau orang-orangnya , demikian mereka dan tindakan mereka benar-benar milik Tuhan . Dengan demikian negara ibadah mereka adalah ' din ' bahwa Allah SWT telah memilih untuk diri-Nya dan dibersihkan dari noda hubungan dengan lain -dari- Allah , dan Dia telah mengatakan : Sesungguhnya , Allah milik kesetiaan yang tulus ( al- din al- Khalis ) . ( 39:3 )

Telah diriwayatkan dari gnostik besar al- Syaikh al- Muhaqqiq Muhyi al- Din Ibn al-' Arabi bahwa ia berkata : ' Sesungguhnya , Allah milik kesetiaan yang tulus , ' bebas dari noda-noda otherness dan egoisme . Dan bahwa kepunahan pada-Nya harus total, Essence , Atribut , Kisah dan din harus berhenti menjadi relevan untuk Anda. Lo , sampai kesetiaan tidak dimurnikan dengan kenyataan , itu tidak akan menjadi milik Allah . "

Penyembahan yang tulus adalah jejak manifestasi ( tajalliyat ) dari Sang Kekasih ( Allah ) dan tidak melewati hati mereka kecuali Dzat Tuhan yang Esa .

Ikhlas adalah setelah tindakan

Seseorang harus melatih kewaspadaan karena kadang-kadang terjadi orang yang melakukan tindakan tanpa salah tanpa kekurangan apapun dan tanpa melakukan riya ' ( pamer ) atau ` UJB (self - love) tapi setelah aksi dia menjadi menderita dengan riya ' melalui menyebutkan hal itu kepada orang lain , seperti yang ditunjukkan dalam hadits mulia berikut :

Imam al - Baqir ( a) berkata : " Ketekunan dalam aksi lebih sulit daripada tindakan itu sendiri . " Dia bertanya , " Apa yang dimaksud dengan ketekunan dalam tindakan? " Dia ( a) menjawab, " Seorang pria melakukan beberapa kebaikan kepada keluarga atau expends sesuatu demi Allah , Siapa yang Salah dan tidak memiliki pasangan . Kemudian pahala dari perbuatan baik yang dilakukan diam-diam ditulis untuknya . Kemudian, ia menyebutkan kepada seseorang dan apa yang ditulis sebelumnya dihapuskan dan sebagai gantinya pahala perbuatan baik yang dilakukan secara terbuka ditulis untuknya . Kemudian, ketika ia membuat menyebutkan lagi , wakil dari riya ' ( pamer ) ditulis untuk dia ( bukan pahala ditulis sebelumnya) . " [ Al - Kulayni al- Kafi , kitab al- ' iman wa al - kufr , bab al- riya ' , hadis # 16 ]


Realitas tindakan adalah niat

Ini adalah niat tulus dan tujuan murni yang bergantung kesempurnaan atau ketidaksempurnaan dari 'ibadat ( menyembah ) dan dengan demikian keabsahan atau ketidakabsahan mereka. Sifat spiritual merupakan karakter dan niat utama jiwa , yang tindakan yang tunduk , membuat karakter sekunder . Dan selama cinta-diri tetap dalam hati dan seseorang tetap di habitat menindas diri , dia bukan musafir kepada Allah ( musafir ila Allah ) , melainkan ia adalah salah satu dari mereka yang hendak menggenggam bumi ( mukhalladun ila al-' ardh ) . Syirik dalam ` ibadah ' yang mencakup semua tingkatan adalah dimasukkannya keridhaan dan kepuasan orang lain selain Allah , apakah itu sendiri atau orang lain seseorang. Jika untuk kepuasan orang lain dan untuk orang-orang , itu luar syirik dan Fiqhi riya ' .

Jika untuk kepuasan sendiri ( rida ) , itu tersembunyi dan ke dalam syirik . Dalam pandangan ` urafa ' ( gnostik ) ini juga menyanggah ' ibadah dan membuatnya dapat diterima oleh Allah . Contoh itu menawarkan doa malam ( tahajud ) untuk peningkatan mata pencaharian seseorang , atau memberikan zakat untuk peningkatan kekayaan seseorang , Meskipun mereka 'ibadat adalah valid, dan orang yang melakukan mereka dianggap telah melakukan tugasnya dan memenuhi persyaratan shari'ah , mereka tidak berjumlah penyembahan yang tulus dari Tuhan Yang Maha Esa , mereka juga tidak ditandai dengan ketulusan niat dan kemurnian tujuan . Sebaliknya , jenis 'ibadat ditujukan untuk mencapai tujuan duniawi dan mencari obyek keinginan rendah . Oleh karena itu tindakan orang tersebut tidak sah .

Jika seseorang mengusir cinta dunia dari hatinya dengan cara disiplin diri dan perjuangan yang gigih melawan keinginan duniawi , ia akan sama dalam kesendirian dan perusahaan , lahir dan batin . Dan jika seseorang meninggalkan habitat diri untuk bermigrasi ke Allah sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an : Siapapun yang pergi keluar dari rumahnya seorang emigran kepada Allah dan Rasul-Nya , dan kemudian kematian menimpa dia , upahnya akan jatuh pada Allah ... , ( 4:100 ) dan menetapkan sebuah perjalanan spiritual , dan setelah itu ia bertemu pemusnahan lengkap ( fana' - e tamm ) , upahnya hanya terletak dengan Allah , Ta'ala .

Bagaimana melestarikan Ikhlas - poin praktis beberapa

Jika Anda telah melakukan beberapa perbuatan baik semata-mata untuk menyenangkan Tuhan , membantu seseorang atau melakukan tindakan wajib atau sunnah ibadah maka ketahuilah bahwa Anda tidak pernah bisa aman dari kejahatan setan dan diri Anda rendah ( nafs al - Ammarah ) sampai akhir hidup Anda .

Anda harus melatih kewaspadaan , karena rendah diri Anda mungkin akan meminta Anda untuk membuat menyebutkan verbal di depan teman-teman atau kenalan , atau untuk mengungkapkannya di jalan sedikit halus tanpa secara langsung menyebutkan itu. Misalnya , jika Anda secara teratur mengamati shalat malam , rendah diri Anda mungkin akan meminta Anda untuk lulus petunjuk dengan berbicara tentang kondisi cuaca baik atau buruk saat fajar atau sekitar permohonan atau panggilan untuk shalat subuh , sehingga mencemari tindakan ibadah Anda dengan riya . Anda harus , sehingga menolak semua kecenderungan tersebut .

Anda harus berjaga-jaga atas diri Anda , seperti dokter jenis atau perawat , dan tidak membiarkan diri memberontak keluar dari kontrol , karena saat kelalaian dapat memberikan kesempatan untuk istirahat kendali dan memimpin tindakan tulus Anda ke ruin.Purification niat dari semua tingkat dualitas ( syirik ) andshowing - off ( riya ) , kewaspadaan konstan di atasnya , dan ketekunan dalam kemurnian membuat sebuah tugas yang sulit .

Cobalah untuk mengingatkan diri Anda dari tugas dan menilai niat dan tindakan dalam terang berikut ayat Al-Qur'an : Katakanlah : " Sesungguhnya doa saya dan pelayanan saya pengorbanan , hidupku dan matiku adalah (semuanya ) karena Allah , Tuhan semesta alam . ( 6:162 ) .

Dan selama Anda memiliki egoisme dan mementingkan diri sendiri , cinta kantor dan posisi , bahkan jika Anda mengambil langkah untuk akuisisi pengetahuan ilahi atau keunggulan spiritual , ini akhirnya akan dicari untuk tujuan egois . Tuhan mencari dan self - seeking tidak bisa pergi bersama-sama . Sebaliknya , jika Tuhan dicari demi diri , tujuan utamanya adalah diri dan ego .
kesimpulan

Langkah pertama dalam perjalanan menuju Allah adalah meninggalkan cinta diri dan menghancurkan kepala egoisme bawah kaki seseorang . Sampai-sampai orang berhasil membersihkan hatinya dari cinta-diri , kasih Allah akan memasukkannya pada tingkat yang sama dan juga harus dimurnikan laten syirik ( egoisme ) .

Nabi Muhammad ( saw) berkata : " . Orang yang tulus mengabdikan dirinya kepada Allah selama empat puluh hari , aliran kebijaksanaan akan mengalir dari hatinya untuk lidahnya "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar